Kamis, 03 Februari 2011

Pengorbanan untuk berbisnis

Saat ini, saya tinggal didaerah depok,jawa barat,didalam komplek perumnas depok 1,tapi rumah berada dipinggir jalan raya,sebuah rumah yang telah berumur lebih tua dari usia saya. Sejak ada niat untuk menjadi seorang petani (aneh ya,masih muda kok pengen jadi petani?), saya sepertinya sangat bosan tinggal di kota. Akhirnya berdiskusilah dengan orangtua,bagaimana kalau rumah ini dijual saja dan pidah ke kampung,sepertimya hidup akan lebih tenang dan alami. Setelah menjelaskan panjang lebar..
orang tua setuju untuk menjual rumah ini,dan saya berniat setelah rumah laku terjual,saya akan membeli tanah dan membangun rumah sederhana di pandeglang. Mumpung harga tanah disana masih murah, hanya 12 juta untuk tanah lebih dari 500m2...?

Setelah itu saya akan FULL menjadi seorang petani.Saya akan mengelola lele, ayam ,kambing dan beberapa produk pertanian,seperti padi dan beberapa sayuran...

Banyak teman yang mempertanyakan, " lo kenapa Di, lagi stress ya?udah bener2 tinggal di kota,lah ini malah mau ke desa?" saya hanya menjawab ringan, " gue mau bangun desa,karena gw ga bisa bangun kota, dikota terlalu sumpek, ga baik buat perkemabangan anak gw!"

Banyak orang desa pergi ke kota untk sekedar mengadu nasib,mencari uang untuk hidup dan sekedar gaya2 an, padahal jika mereka memiliki tekat untk maju, tinggal di desa pun bisa hidup layak. Di desa mertua saya di pandeglang,banyak kaum pemuda yang MALAS, mereka ada lahan/tanah, tapi enggan mengolahnya, mereka lebih senang menjadi buruh pabrik di kota....

Doakan kawan2,rumah saya segera terjual,dan impian saya menjadi PETANI segera menjadi kenyataan...

2 komentar:

  1. hehe , sedikit nekad , but cukup beralasan , saya dukung deh....
    Ane sendiri sumpek waktu kerja di jakarta , mangkanya sekarang lagi nyoba fokus ke pertanian.....
    rencana pindah ke mana ? usahakan ke daerah yang secara potensi alam mendukung usaha tani nya.....jangan langsung digede in , mulai pelan2 aja, coz bisnis nyawa ini.....sangatlah berisiko........ :)

    BalasHapus
  2. saya rencana pindah ke pandeglang,banten pak,disana sangat mendukung untuk pertanian dan perikanan...

    memang untuk "usaha nyawa" ini, saya butuh kolam mini percobaan,sebagai ajang saya ber-eksperimen,jika dari kolam kecil ini sudah mantap,baru saya akan coba kembangkan lebih besar lagi

    BalasHapus