Senin, 07 Februari 2011

Guyur Probiotik

hari jumat kemaren tgl 4 feb 2011, tiba di pandeglang jam 16.30 .. dengan hujan rintik2 membasahi
Ingin sekali langsung melihat kolam setelah ditinggal selama 10 hari,bagaimana perkembngannya?
Setelah saya tanya, "banyak yang mati ga?"
"Ada,sekitar 40 puluhan,itu yang terhitung yang mati tenggelam didasar kolam,belum tau yang tidak terhitung"
Berapa % ya kematiannya? 40/1200 x 100%  kira 3,3%, anggap saja digenapi jadi 4%... baru dalam 10 hari.

Kematian sebanyak itu TANPA aplikasi probiotik sebelumnya.Hal ini bisa menjadi pembelajaran dan perbandingan penggunaan tanpa probiotik dan Stelah pemakaian probiotik,tentu hal ini membutuhkan waktu...

Kira2 jam 5 sore lewat.hujan sudah berhenti,saya siapkan air 5 liter dalam ember, saya tambahkan 100 ml probiotik dalam kolam mini luas 5m2..  byur..saya tuangkan merata diseluruh kolam. Walaupun penyiraman probiotik ini mungkin agak TERLAMBAT, karena tidak diaplikasikan pada awal persiapan benih. Tapi tidak apa2,daripada tidak sama sekali...

SAtu jam setelah guyur kolam,saya amati lagi,.. ada sebagian benih yang mungkin "mabuk" yang berdiri di permulaan air,hanya beberapa,tak lebih dari 10 ekor..

jam 9 malam saya amati lagi,sekalian memberikan makan malam..
Ternyata lele nya sudah sehat seperti semula, dan lahap sekali makan nya. Gimana ga lahap, pelet saya campur dengan gilingan keong sawah,hehe.... habis dalam sekejap :)

6 komentar:

  1. hmmm, bagaimana dengan warna air kolam setelah diberi probiotik ? bau nya gmana ?
    untuk kolam kedua saya, saya masih dalam tahap persiapan , pake probiotik juga namun bukan yang merk dipake sampeyan.....sudah 4 hari dan air belum kunjung berubah warna.....:(

    BalasHapus
  2. klo warna airnya,sepertinya belum terlihat jelas,karena hanya 2 hari saya bisa melihatnya(kembali pulang ke depok),itupun kolam diguyur hujan terus menerus.hari ini saya belum tanya lagi bagaimana kondisi kolamnya.Dari 2 hari yang bisa saya amati itu,tidak tercium bau yang menyengat atau berkurang baunya dari sebelumnya.

    Klo sudah 4 hari,mungkin bisa dilihat 3 hari lagi pak,siapa tau sudah berubah airnya. Klo dulu,sewaktu persiapan kolam,saya malah tidak pakai probiotik,selama 7 hari,kolam saya hanya berwarna coklat,tapi banyak sekali jentik nyamuk dan telur kodok,sehingga ketika benih ditebar,mereka bisa langsung makan,dan langsung habis :)

    BalasHapus
  3. gimana perkembangannya mas ? apa sudah dilakukan sampling sehingga ketahuan perkembangan per minggu nya? saya udah mulai masuk lagi bibit di kolam kedua , ada di blog saya :) .

    BalasHapus
  4. @luthfi: untk sekarang ini, saya belum bisa berharap banyak mas, karena saya belum bisa concern penuh mengelola kolam,karena selama ini yang mengurus mertua saya, jadi hasilnya kurang memuaskan,jadi dikolam belum sempat diambil sampling,dan perminggunya saya kehilangan data...padahal sudah saya berikan beberapa petunjuk dan cara yang sangat jelas..

    @PW tasikmalaya: probiotik itu adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau manfaat atau kesehatan pada organisme lain atau tempat dimana ia tinggal. karena disini tempatnya adalah perairan, maka probiotik bermanfaat untuk menjaga kesehatan ikan2 yang dipelilhara di kolam.

    BalasHapus
  5. merk prebiotiknya apa? bisa diperoleh dimana? apa di tasikmalaya ada?

    BalasHapus